oleh

Dipelopori Siti Aisyah, Posyandu Lansia Ar-Razaq Pakjo Palembang Diresmikan; Jaga Lansia Tetap Sehat

TRIBUNEPOS, PALEMBANG | Bentuk kepedulian terhadap warga Lanjut Usia (Lansia) agar mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, terjangkau dan memadai, Posyandu Lansia Ar-Razaq yang berada di Komplek Perumahan Pakjo, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan resmi didirikan, Kamis (18/01/24).

Siti Aisyah, Ketua Posyandu Lansia Ar-Razaq menuturkan, berdirinya Posyandu lansia ini sebagai wujud kepedulian terhadap lansia di lingkungannya.

Ia berharap, selain menyasar lansia, tujuan Posyandu ini didirikan agar pelayanan kesehatan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga khususnya bagi ibu dan anak di RW 05 meliputi 4 Rukun Tetangga (RT) 18, 19, 20 dan 21 di lingkungan Demang lebar daun sekitarnya, juga meningkatkan motivasi dan semangat para kader posyandu.

“Ya, minimal masyarakat akan sadar, untuk datang memeriksa kesehatan secara berkala pada setiap bulannya, dari Ibu Hamil (Bumil), Bayi, Balita, Remaja usia Produktif dan Lansia,” ucapnya.

“Tentunya kami berharap dengan adanya posyandu ini, para kader dapat memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada dalam pelaksanaan program dan kegiatan Posyandu, sejalan dengan semangat wujudkan masyarakat sehat,” tutur Siti Aisyah.

Siti Aisyah, Pelopor Posyandu Lansia Ar-Razaq bersama Camat IB 1, Kepala Puskesmas Demang Labar Daun dan tamu undangan lainnya.

Kepala Puskesmas Sungai Baung Demang Lebar Daun, Drg Dini Liany Handayani menyambut baik berdirinya Posyandu Lansia Ar-Razaq ini.

Dia berharap, Posyadu Lansia Ar-Razaq kedepan dapat menjadi percontohan sebagai Posyandu Andalan Pertama. Bukan saja menyembuhkan yang sakit, tapi menjaga masyarakat agar tetap sehat, karena selama ini banyak program mengarah kepada bagaimana orang sakit itu disembuhkan.

“Walau baru muncul berdiri, Posyandu ini mampu menjadi Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP), bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” ujarnya.

“Karena itupun dilakukan dari masyarakat untuk masyarakat, yang terpenting adalah menjaga masyarakat tetap sehat, dengan melayani pemeriksaan berkala setiap bulannya, kepada Ibu Hamil (Bumil), Bayi, Balita Remaja Usia Produktif dan Lansia,” tambah Drg Dini.

Senada Camat IB I, Rakhman Hidayat Pane, menyatakan memberikan apreasiasi dan penghargaan atas diresmikannya Posyandu Lansia Ar-Razaq ini.

Rakhman mengatakan, Posyandu Lansia Ar-Razaq adalah Posyandu Terpadu yang terlengkap, ada Posyandu Balita, ada Posyandu Remaja dan ada Posyandu Lansia.

“Posyandu itu memiliki peran penting untuk mendukung tercapainya target-target program nasional dalam bidang kesehatan,” ucapnya.

Terpisah Ketua RW (05), Djamrul Amin, bersyukur dengan adanya posyandu ini, ditambah niat serta tugas mulia dari ibu Siti Aisyah yang menjadi pelopor, sehingga dapat terwujudnya Posyandu Lansia Ar-Razaq yang mempermudah bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

“Tentunya, hal ini dapat membantu mengidentifikasi masalah kesehatan secara dini dan memberikan intervensi yang tepat terhadap masyarakat,” kata Djamrul Amin didampingi Andre Nugraha Ketua RT 18.

Tampak hadir, Drs. HM. Sadruddin Hadjar (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palembang, Ardi Geopani, S.STP (Lurah Demang lebar Duan) Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Palembang, BKKBN, KB dan PT, PKK Kota Palembang dan para Muspika Toga dan Tomas Kecamatan IB1 Palembang. (**)

Wartawan: Syaiful Jabrig

Komentar

Headline