oleh

Kasus Baru, Dua Warga Palembang Positif Covid-19, Dinkes Sumsel Minta Rumah Sakit Siaga

TRIBUNEPOS, Nasional | Dua warga Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) positif Covid-19. Dua warga itu yakni berada di daerah 8 Ulu, Kecamatan Jakabaring, dan Karang Jaya, Kecamatan Gandus.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Trisnawarman membenarkan adanya dua warga Palembang positif Covid-19. Dia menjelaskan bahwa dua kasus ini berbeda waktu, ada yang beberapa minggu lalu dan ada yang baru keluar hasil swab-nya pada Jumat (8/12/2023) lalu.

“Satu kasus sudah beberapa minggu yang lewat, sementara satu kasus lagi beberapa hari lalu. Baru dimasukkan ke data hari ini (11/12/2023). Hasil tes swab-nya baru keluar Jumat (8/12/2023),” ujar Trisnawarman, Senin (11/12/2023).

Ia mengungkapkan, kasus yang terjadi itu karena mereka melakukan perjalanan keluar daerah. Namun, dirinya tidak mengetahui ke mana perjalanan kedua warga itu.

“Mereka baru kembali dari perjalanan, mungkin capek, pilek-pilek, kemudian swab berbayar karena demam sedikit. Nah, hasilnya baru keluar pekan lalu,” ungkapnya.

Trisnawarman mengimbau kepada warga untuk tidak resah dan heboh adanya kasus baru Covid-19 ini. Ia juga meminta masyarakat tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan baik.

“Kondisi keduanya hanya alami flu biasa, tidak ada gejala. Setelah swab warga itu juga diminta untuk istirahat dan melakukan isolasi mandiri (isoman),” jelasnya.

Sebelumnya, ia meminta seluruh rumah sakit (RS) bersiaga mengantisipasi kasus Covid-19 dan pneumonia yang makin marak. Pemisahan kamar harus disiagakan untuk mengantisipasi penularan jika kasusnya meningkat.

“Kita minta rumah-rumah sakit bersiaga sebagai antisipasi jika ada kasus pneumonia dan Covid-19,” ujarnya. (*)

Editor: Kaka Pusaka

Komentar

Headline