oleh

Teman Bus ‘Trans Musi’ Berhenti Beroperasi Sementara di Palembang, Nunggak ‘Hutang’ Rp6 Miliar

TRIBUNEPOS, Nasional | Layanan Teman Bus yang jadi pengganti Bus Transmusi berhenti di Palembang, Sumatera Selatan, berhenti beroperasi sementara terhitung mulai Selasa, 5 Desember 2023 hingga waktu yang belum dipastikan.

Ini dikarenakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum membayarkan biaya operasional termasuk gaji sopir.

Direktur PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) Anthony Rais menyatakan, bahwa biaya operasional Teman Bus yang ditanggung oleh Kementerian Perhubungan ini sudah sejak 1 September belum dibayarkan.

“Karena tidak ada biaya, maka untuk sementara Teman Bus berhenti beroperasi,” kata Anthony, Selasa (5/12/2023).

Dia merinci total tagihan Rp6 miliar yang belum dibayarkan. “Ya, selama tiga bulan sejak September,” katanya.

Menurutnya, memang biasanya pembayaran setiap bulan. Namun kali ini Kemenhub kekurangan anggaran untuk membayar biaya operasional.

“Biasanya tiap bulan, tapi kemarin itu ada kekurangan anggaran dari Rp650 miliar jadi Rp550 miliar. Kementerian sedang mencari dana untuk BTS (By The Servis) ini, bukan hanya Palembang tapi 10 kota lain di Indonesia,” katanya.

Anthony mengatakan, pada dasarnya Teman Bus sangat diminati oleh penumpang meskipun saat ini sudah berbayar menjadi Rp4.000 untuk umum dan Rp2.000 untuk pelajar.

“Total bus ada 66, 59 operasional dan 7 cadangan, masih rute lama,” katanya.

Teman Bus melayani rute Alang-alang Lebar (AAL) – Dempo, AAL-Talang Jambe, Sako-Palembang Icon, Palembang Icon-Pusri. **

Editor: Kaka Pusaka

Komentar

Headline