oleh

Viral! Oknum PPK-PPS di Muba Tidak Netral, Berjamaah Kondisikan Suara Caleg, Dibayar Rp450 Ribu Perpaket Suara

TRIBUNEPOS, SUMSEL | Sejumlah Penyelenggara Pemilu di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) terindikasi tidak netral di Pemilu 2024.

Oknum PPK-PPS tersebut diduga berjamaah mendukung caleg tertentu dengan cara mencarikan dan mengarahkan penggalangan suara.

Suara yang dikondisikan itu akan dibayar dengan uang Rp 450.000 untuk Satu Paket Caleg, terdiri dari Caleg DPRD Kabupaten Muba, Caleg DPRD Provinsi Sumsel Dapil Muba, dan Caleg DPR RI Dapil Sumsel 1.

Ketidaknetralan penyelenggara Pemilu tersebut, diketahui setelah beredarnya tangkapan layar (screenshot) percakapan dalam grup Whatsapp.

Di dalam grup tersebut, terdapat anggota PPK dan PPS di wilayah Sekayu dan beberapa orang lainnya.

Dalam tangkapan layar percapakan yang beredar, tertera dua nama anggota PPK Sekayu berinisial FM (Ketua PPK) dan SP (Anggota PPK).

Selain itu, ada juga tertera nama salah satu anggota PPS dari Desa Bailangu Timur inisial SN.

Nampak dalam percakapan, oknum PPK-PPS ini diduga ikut serta mendukung Caleg tertentu dan mengkondisikan suara dari Caleg untuk Kabupaten Muba daerah pemilihan (Dapil) Sekayu inisial AP, dari Partai Perindo.

Kemudian Caleg untuk DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dari Dapil 9 Kabupaten Muba inisial EP, dari Partai Nasdem.

Sementara untuk DPR RI Dapil Sumsel 1 dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan inisial UH.

Tidak hanya itu, dalam percakapan tersebut juga menyebutkan adanya potensi suara yang sudah dikondisikan dari beberapa titik TPS yang ada di wilayah Kecamatan Sekayu untuk tiga calon legislatif yang dikondisikan.

Berikut sepenggal percakapan dugaaan indikasi adanya keterlibatan PPK-PPS Kecamatan Sekayu mengkondisikan suara caleg di Pemilu 2024 dilansir dari suarapublik.id :

Ikak solusi kalu kartu pengenal abis, kitek tetap pacak sosialisasi ke melalui pesan WA

Mohon Doa & Dukungan..Satu Paket untuk Tiga Caleg… Rp. 450.000,-

AL**** Caleg DPRD Kabupaten Partai PERINDO no. urut 1, ER****** PR****** Caleg DPRD Provinsi Partai NASDEM no. urut 6, KMS UM** HA*** Caleg DPR RI Partai PAN no. urut 8.

Kabarnya kedua oknum PPK Sekayu tersebut sudah membuat surat mengunduran diri. (**)

Wartawan: Aga Sampurna

Komentar

Headline